Mirai, Mobil Hidrogen dari Toyota Siap Dipasarkan

Mirai, Mobil Hidrogen dari Toyota Siap Dipasarkan

GoMobil - Mobil pabrikan perusahaan asal Jepang ini sudah sangat menggambarkan masa depan hanya dengan mendengar namanya. Mirai berasal dari bahasa jepang yang berarti ‘masa depan’.

toyota mirai

Tampaknya Toyota benar - benar serius dalam mewujudkan mobil masa depan dengan bahan bakar alternatif dan menjadi pelopor dalam pergantian sejarah baru di dunia otomotif. Selama ini bahan bakar fosil telah menjadi bahan bakar utama yang belum bisa digantikan secara nyata untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dunia. Baik untuk kendaraan maupun kegiatan lain.

Setelah menunggu cukup lama akhirnya Toyota mengumumkan versi final dari kendaraan ramah lingkungan yang berbahan bakar hidrogen. Kendaraan beroda empat ini rencananya akan mulai dipasarkan di sejumlah negara pada 2015 mendatang.

Mengenai desain Toyota Mirai adalah mobil sedan berpintu 4 dengan desain yang agresif, elegan, sekaligus sporty. Jim Lentz, CEO Toyota Amerika Utara mengatakan “Visi Toyota terhadap hidrogen bukan hanya sekadar membangun mobil bagus, tapi juga memastikan bisa digunakan dan diandalkan serta mudah mengisi bahan bakarnya,”.

"Saya senang mengumumkan bahwa visi untuk melampaui batasan California dan memberikan konsumen kami kemungkinan untuk merasakan perpindahaan bahan bakar ke hidrogen." Lanjutnya.

Dikatakan, Toyota Mirai mampu menempuh jarak sejauh 483 km dalam kondisi tangki terisi penuh. Kemudahan dalam pengisian baan bakar pun sudah dipikirkan dengan baik oleh perusahaan. Untuk mengisi penuh tangkinya mobil ini tidak membutuhkan waktu lebih dari 5 menit.

Yang luar biasa adalah Toyota mengklaim bahwa emisi yang dihasilkan mobil ini yang berupa uap air, lebih aman daripada susu. Seiji Mizuno, seorang yang bertanggung jawab merancang generator listrik mengatakan “Kami telah menguji dampak terhadap kesehatan dengan meminum air di lab. Ketika dibandingkan dengan segelas susu, uap air dari emisi mobil hidrogen Toyota mengandung lebih sedikit bakteri organik.”

Artikel direkomendasikan : Mobil Murah

Walaupun lebih aman dari susu, akan tetapi Pihaknya tidak menyarankan untuk mengkonsumsi uap air hasil emisi mobil. Bagaimanapun air hasil emisi tersebut bukan hasil dari distilasi atau sterilisasi. Perusahaan menjelaskan, air tersebut berasal dari proses kombinasi hidrogen dan oksigen dari udara.

mobil hidrogen

mobil hidrogen toyota

mobil hidrogen mirai

Soal harga, Toyota Mirai akan dipasarkan dengan harga kurang lebih $60.300 Amerika. Tidak hanya fokus membangun mobil yang baik, Toyota pun sudah memikirkan mengenai ketersediaan baan bakar yang mudah di dapat. Perusahaan asal Jepang ini menggandeng Air Liquide dalam rencananya dalam membangun stasiun pengisian hidrogen di 4 negara bagian Amerika dimana dua belas diantarannya akan ada di New York, Massachusetts, New Jersey, Rhode Island, dan Connecticut. 
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »